Kumpulan Cerita Rakyat , Legenda , Dongeng , Cerpen , Gurindam , Puisi Nusantara Indonesia Dari Sabang Sampai Marauke

Monday, January 19, 2015

Rasulullah SAW Sebaik-baiknya pemimpin dan teladan sepanjang jaman

Sebaik-baiknya pemimpin dan teladan sepanjang jaman.
Suatu ketika Rasulullah SAW menjadi imam shalat. Para sahabat yang menjadi makmum di belakangnya mendengar suara berdecak tiap kali gerakan Rasul dalam shalatnya. Seperti setiap sendi-sendi bergesekan akan patah dan berjatuhan.

Sayyidina umar yang merasa khawatir dengan keadaan baginda langsung bertanya seusai shalat “Ya Rasulullah kami melihat seolah-olah tuan menanggung penderitaan yang amat berat, apakah Tuan sakit?” Namun baginda menjawab dengan penuh senyum dan lembut “Tidak. Alhamdulilah aku sehat”

Mendengar jawaban dari Rasul tersebut, sahabat umar melanjutkan pertanyaannya “lalu mengapa tiap kali Tuan menggerakkan tubuh kami mendengar seolah-olah semua sendi bergesekan ditubuh Tuan?, kami yakin engkau sedang sakit ya Rasul

Melihat kecemasan diwajah sahabatnya Rasulullah pun mengangkat jubahnya. Para sahabat amat terkejut. Ternyata perut Rasulullah yang kempis dililiti sehelai kain berisikan kerikil untuk menahan rasa lapar. Batu itulah yang menimbulkan bunyi halus setiap kali Rasul bergerak.

Umar memberanikan diri berkata “Ya Rasulullah.. adakah bila engkau lapar dan tidak punya makanan lalu kami hanya tinggal diam”

Rasulullah menjawab dengan lembut  “Tidak para sahabatku.. aku tahu apapun akan engkau lakukan demi Rasulmu ini, tetapi apa yang akan aku jawab dihadapan Allah nanti..? apabila aku sebagai pemimpin menjadi beban bagi umatnya”

Para sahabat hanya tertegun lalu Rasulullah kembali melanjutkan “Biarlah kelaparan ini sebagai hadiah dari Allah untukku, agar umatku kelak tiada yang kelaparan di dunia ini. Lebih-lebih lagi kelaparan di akhirat kelak..”

Sebuah contoh keteladan yang sangat menyentuh hati dari seorang manusia pilihan Nabi Muhammad SAW.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Silahkan Tinggalkan Komentar

Popular Post